Nga marujung ngolu ni damang, si butar-butar 9 tahun yang yang bekerja setara dewasa dari sidikalang

Apakah jawaban yang ada dibenak anda jikalau mendengar seorang anak berumur 9-10 tahun bekerja?
PAling-paling anda akan bilang dan jawab belajar, bermain dan makan tidur. karena itulah yang bisa dilakukan oleh anak kecil.

Namun untuk anak-anak ini, Kata-kata itu tidak ada gunanya karena semasa kecilnya dia harus bekerja keras. Seperti diceritakan oleh seorang netizen bernama Tiosatuh Benny Tiosatuh diakun facebook milik pribadinya.

Aku singgah dan menginap di desa merek situnggaling.dan menginap pd tgl 25 des.
Ketika ku bangun dari tidur..aku melihat 3org laki laki yang masih umur..6..9..dan12tahun.akupun mlihat mreka mencuci pakaian mreka..seketika itu aku tetlihat sedih mlihat nya.dan mreka tidak tau jika aku mengabadikan foto mreka..
Perlahan aku dekati dan bertanya..sambil ku bercanda..
Emang kalian ga natalan..
Ngga bang..
Knapa tanyaku..
Kami lagi kerja bang..
Ohhhh...gitu yah..
Ohya..dek cucikn dulu bajuku 2 pasang tanyaku lagi..
Jawab nya?diama abang..
Alai tuhor sabunna da bang.??
Artinya dia iklas ingin mencuci pakaian ku..
Padahal aku hanya bercanda..agar mreka sdikit tethibur..
Dan seketika itu rasa nya aku mau menangis mlihat aksi dan keadaan mreka.
Agoi amang tahe haccit nai sitaononmi..
Aku fikir hanya sampai disitu saja.selah slesai cuci baju..mrekapun membantu abang nya yang msh ber umur12san taun..
Membantu nempel ban kendraan.




Ternyata pekerjaan mreka sbagai penambal ban..
Sungguh blum pantas mreka melakukan pekerjaan itu..
Nah aku pun bertanya pada mreka..
Emang bapa sama mama nya dimana de..
Bapa udah meninggal dunia bang..
Nah kalau ibumu??
Ga tau dimana bang.
Kampung mu??
Di tigalingga bang..
Amang..tahe massai ngeri dangol sitaononmu anggia..
Gabe tangis au mambege..
Andai saja kalian mau bersamaku ..aku ingin membawa kalian kerumahku..
Aku mau kalian itu skolah..
Biarlah aku yang tanggung biaya nya..
Sayang nya aku ga brani bertanya demikian.
Ah tahe porsuk nai ateh..
Ikkon diari natal onma hape tarbereng au hamuna anggia.
Malengleng ate ate.
Buat teman smua yang ingin bepergian mnuju medan sidikalang..atau mnuju sidikalang medan.
Singgah lah di desa merek sebelum pom bensin..tambal ban bersama.
Lihat lah keadaan mreka..sungguh memprihatinkan .waktu mreka tidak untuk bermai sperti anak kecil yang lain nya.melainkan bekerja mencari hidup
Dan pekerjaan yang mreka lakukan pun blum pantas untuk mreka lakukan..
Roma hamu ida hamuma adek adektaon..
Haccit pakkilalaanna..


Berikut foto-foto yang diupload.
Nga marujung ngolu ni damang,butar-butar 9 tahun yang yang bekerja setara dewasa
Nga marujung ngolu ni damang,butar-butar 9 tahun yang yang bekerja setara dewasa

Nga marujung ngolu ni damang,butar-butar 9 tahun yang yang bekerja setara dewasa
Baca juga:
Video nyata Yesus bangkitkan anak yang sudah meninggal 1 hari

 
Keadaa memaksa mereka hrus bisa melakukan semuanya... Salutt 😊😢😢 mrk lebih memilih bekerja sendiri ketimbang beragantung sm keluarganya.. Bohama pamereng ni akka tulangna dohot bapa tua/uda na songonon.. Tega do halaki atehh dang didukung sikkola.

25 Responses to "Nga marujung ngolu ni damang, si butar-butar 9 tahun yang yang bekerja setara dewasa dari sidikalang"

  1. O ma ketangguhan ni halak Hita dang Gabe terhanyut di hapogoson alai berbuat dan terus bekerja walaupun penuh keterbatasan. Teruslah berkarya ingat Tuhan tidak diam , indah pada waktunya, Selamat Natal dan Tahun Baru.

    ReplyDelete
  2. Sai anggiat ma tottong di bagasan pangaramotion ni Debata hamu akka anggi, dangboi hu urupi marhite si lehonon, apala tangiang ma na hupasahat tu Tuhan ta i, anggiat hipas2 hamu jala sai tiur nang paccarian mu. Semangat dee. Tuhan Yesus memberkati

    ReplyDelete
  3. Salut bercampur sedih melihat realita kehidupan yang mereka hadapi. Aku hanya bisa berdoa kepada Tuhan, semoga mereka selalu diberi kesehatan dan rejeki. Amin

    ReplyDelete
  4. Sai di ramoti Tuhan ma hamu adek,ala hamu do sasitong na nampuna harajaon ni debata.( kiranya Tuhan memberkati anak ini,krna sesungguh nya mereka lah yg punya kerajaan sorga.

    ReplyDelete
  5. sai di lehon tuhani ma di hamuna gogo dohot hahpason dah anggikku

    ReplyDelete
  6. Ise ma mangengkol kompresor i ate...
    Tolap na do i???

    ReplyDelete
  7. Salut buat adik2 yg mau bekrja keras,kompak dan tidak pantang menyerah dalam menjalni dan menyambung hidup tanpa ke 2 orang tua kalian kelak usaha keras kalian akan membuahkan hasil nantinya semoga Allah sellalu memberi kalian kesehatan n Rezeki aamiin

    ReplyDelete
  8. Mantap do hamu adek, semangat terus jangan sampai luntur, kalian juga jadi inspirasi kami untuk tetap rendah hati dan selalu berusaha, gbu

    ReplyDelete
  9. Mantap do hamu adek, semangat terus jangan sampai luntur, kalian juga jadi inspirasi kami untuk tetap rendah hati dan selalu berusaha, gbu

    ReplyDelete
  10. Na idia do naeng maksud ni hamu on ang? Ai boha boi ni jumpangan.mauliate

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seputaran simpang 3 merek doi lae. Molo nga sahat di simpang 3 merek naboi do anon disukkun i lae. Mg

      Delete
  11. Luar biasa dan salut liat nya...
    Apalagi liat secara langsung...
    Bungkin habis kata dan
    Tetesan air mata yang ada

    ReplyDelete
  12. Ada baiknya kita membantu adek2 ini, mari lakukan perbuatan nyata 10 rbu x 500 orang atau lebih, akan sangat membantu, mungkin masi bnyak2 anak2 dihitaan butuh bantuan, unang perxuma adong parpunguanta, organisasita, arisan dll, naeng ma nian gabe punguan na bermanfaat punguan tai, molo boi tu dongan na lao tu hutaon,bisa memgkordinasinya, Doa tanpa perbuatan adalah nol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget dengan kamu... Ayo kita bantu mereka

      Delete
  13. Dimana Marga malaikat kecil ini yg ber Butar2 tinggal sekarag ?. Boleh donk infonya. ?.tks

    ReplyDelete
  14. Dimana Marga malaikat kecil ini yg ber Butar2 tinggal sekarag ?. Boleh donk infonya. ?.tks

    ReplyDelete
  15. Luar biasaa. Semoga menjadi orang yang sukses dimasa mendatang adek2 ku.

    ReplyDelete
  16. Mangido au Tuhan, sai pargogoi ma akka adek nami i. Holan tangiang do naboi tarbaen au sonari tu akka adek nami i. Amin!!

    Molo adong naboi menggerakkon rikkot ma hita ate marsipaboaan. Mg

    ReplyDelete
  17. salut dan jadi inspirasi buat yg malas bekerja

    ReplyDelete
  18. Molo mangida na si songon on, tor naeng tangis do iba dibagasan roha.Sai anggiat ma nian di ramoti Tuhan i hamu da Anggi dilehon dihamu nasa na porlu. Tuhan Memberkati.

    ReplyDelete
  19. salut melihatnya, tetap semangat dan jangan mengemis sesulit apapun hidup kita
    tidak ada yg bisa saya lakukan, hanya doa yang bisa saya panjatkan semoga sehat dan tetap rendah hati, Tuhan selalu memberkatimu
    jadi inspirasi buat yang lain, dan selalu bersyukur apapapun dan bgmnapun hidup kita...GBU

    ReplyDelete
  20. Beda tipis tu parngoluanku dobah,au pe nga marumur 31 sonari alai mlo hubereng hasil opluad nai gabe malungun sandiri iba ni.

    ReplyDelete
  21. Terharu banget liat photony, smoga klak mnjadi org yg sukses ea adek"
    Tetap smangat

    ReplyDelete
  22. Masih membaca kisah'a uda terasa sangat sedih gimana lihat'a...
    Masih anak" tp lebih dari oranf dewasa...
    Td di atas ada membahas tentang bantuan buat mereka... Buat teman" semua mari kita bantu mereka.

    Sedikit dari kita sangat berarty buat mereka...
    Dan beri info bagaimana cara kita membantu !
    Terimakasih
    Horas

    ReplyDelete

Kalau Ingin Berkomentar!!!
-Mohon berkomentar sesui dengan topik
-Dilarang Nyepam
-Link Hidup Langsung Dihapus